Maret 22, 2023

Dinas PU Pengairan Banyuwangi Skenario Penanganan Banjir di Segmen Sungai Kalilo

B88 Indonesia РKawasan pemukiman penduduk di bantaran Sungai Kalilo, Banyuwangi, sudah menjadi langganan banjir setiap hujan datang dengan intensitas tinggi berdurasi lama yang melanda wilayah perkotaan.

Seperti banjir yang terjadi pada Jumat (10/2/2023) malam. Akibat luapan Sungai Kalilo, estimasi ratusan rumah penduduk di Kelurahan Kepatihan, Kelurahan Panderejo, dan Kelurahan Tukangkayu, Banyuwangi, terendam.

Banjir yang terjadi semalam karena hujan deras itu, membuat Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Pengairan Banyuwangi turun tangan.

Baca Juga: Hujan Sehari, Hampir 1.000 Rumah di Banyuwangi Terdampak Banjir

Kepala DPU Pengairan Guntur Priambodo diwakilkan Sekretaris Dinas Riza Al Fahroby langsung bergerak melakukan peninjauan.

Selain membantu proses penanganan pasca banjir, pihaknya juga mendistribusikan bantuan nasi bungkus untuk warga terdampak di Kelurahan Kepatihan.

Menurut Riza, pihaknya telah mempersiapkan skema jangka pendek dan jangka panjang penanganan banjir di pemukiman penduduk sepanjang bantaran Sungai Kalilo.

Skema jangka pendek, DPU Pengairan Banyuwangi telah melakukan antisipasi dengan meninggikan beberapa parapet atau tembok penghalang perluasan dari dinding di tepi Sungai Kalilo.

Baca Juga: Diputus Pacar, Remaja Banyuwangi Nyaris Tewas Sloki Arak Campur Shampoo

“Alhamdulilah berkerja dengan baik. Air tidak melewati pasangan peninggian tangkis yang baru kita tinggikan. Baik yang ada di Kelurahan Kepatihan maupun di Panderejo,” kata Riza, Sabtu (11/3/2023).

Hanya saja, lanjutnya, air yang sempat menggenangi pemukiman padat penduduk di bantaran Sungai Kalilo dikarenakan ada pasangan plengsengan lama yang jebol karena tergerus banjir.

“Semalam memang pasangan tangkis atau penahan air yang ada di Kepatihan di sisi barat itu roboh. Itu memang pasangan sebelumnya, sehingga air lolos. Namun kita tangani secepatnya, Insya Allah tahun ini,” ujarnya.

Sedangkan penanganan jangka panjang, DPU Pengairan Banyuwangi akan melakukan kembali peninggian parapet secara merata di sepanjang aliran Sungai Kalilo.

Baca Juga: Banjir Rendam Puluhan Rumah, Warga Banyuwangi Terpaksa Mengungsi

B88

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *