Maret 21, 2023

Akhirnya Ketemu! Orang Tua Pembuang Bayi di Banyuwangi Jadi Tersangka

B88 Indonesia РSepasang suami istri pembuang bayi di depan rumah atau ruko di Banyuwangi, Jawa Timur, akhirnya ditangkap. Keduanya adalah MAA (27) dan YPS (25), saat ini polisi sudah menetapkan kedua pasangan tersebut sebagai tersangka.

Keduanya ditetapkan sebagai pelaku yang sudah tega membuang atau menelantarkan bayinya dengan sengaja. Berdasarkan keterangan polisi, pasangan ini dianggap bersalah dan harus mendekam di dalam penjara.

“Pelaku sudah diamankan untuk dilakukan proses hukum lebih lanjut. Keduanya sudah kami tetapkan sebagai tersangka,” kata Kasi Humas Polresta Banyuwangi Iptu Agus Winarno, Senin (6/3/2023).

Baca Juga: Seorang Bayi Perempuan di Banyuwangi yang Baru Lahir Dibuang, Ada yang Bersedia Mengadopsi?

Agus mengatakan, pasangan tersebut merupakan warga Desa Tapanrejo, Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi. Agus menjelaskan, kepada polisi kedua tersangka mengaku enggan untuk merawat bayi mereka. Sudah dikonfirmasi, bahwa anak tersebut merupakan anak kandung dari hubungan yang sah.

Ide membuang bayi di pinggiran jalan, yakni di atas meja warung seseorang, pelaku berharap bayi tersebut mudah ditemukan orang. Harapan mereka, bayi tersebut bisa dirawat oleh orang lain. Usut punya usut, keduanya ingin merdeka dari biaya menafkahi dari kebutuhan bayi tersebut hingga tumbuh dewasa.

“Tujuan pelaku dengan maksud akan terbebas daripada pemeliharaan. Sehingga membuang bayinya agar dipungut orang lain,” kata Agus.

Diberitakan sebelumnya, warga Kelurahan Sobo, Kabupaten Banyuwangi, dihebohkan penemuan seorang bayi. Diduga kuat, bayi perempuan mungil berbobot 3,6 kilogram dengan panjang 50 sentimeter ni dibuang oleh ibu kandung sendiri.

Saat pertamakali ditemukan, bayi perempuan tersebut dalam kondisi sehat dengan tubuh lengkap. Bahkan tubuhnya masih memerah dengan tali pusar masih menempel belum terpotong. Kemungkinan besar, bayi tersebut langsung dibuang beberapa saat setelah dilahirkan.

Adalah Astuti (42), yang menemukan bayi tersebut. Bayi itu ditaruh begitu saja di atas meja depan warung miliknya. Sekitar pukul 01.00 WIB Selasa (21/2/2023) dia terbangun karena suara tangis bayi.

B88

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *